Juni 16, 2008

Selamatkan Hutan dengan Komputer oleh Fino Yurio Kristo - detikinet

Inggris - Luas hutan makin lama makin menyusut. Bantuan program komputer pun dibutuhkan sebagai salah satu kunci untuk menyelamatkan hutan dunia.

Demikianlah diungkapkan dalam penelitian para ilmuwan di Microsoft Research Cambridge, Princenton University dan Universidad de Alcala di Madrid.

Salah satu bagian penelitian dilakukan oleh Stephen Pacala, akademisi dari Princenton University dengan tajuk 'Predictive Models of Forest Dynamics'.

Dinyatakan, pola baru pemodelan hutan via komputer dibutuhkan untuk memetakan sistim kerja hutan. Misalnya, analisis data komputer bisa mengidentifikasi spesies tumbuhan yang paling terancam saat terjadi penggundulan hutan. Selain itu juga untuk mengukur pengaruh hutan terhadap perubahan iklim.

"Gabungan antara model matematika, sumber data dan metode baru analisis data di komputer bisa memproduksi model yang realistis untuk merawat hutan dan memahami pengaruhnya terhadap iklim bumi," demikian kata juru bicara Microsoft mengenai studi ini.

Menurut para ilmuwan itu, pemahaman terhadap sistem kerja hutan belum cukup baik sehingga banyak orang tidak peduli dan terus merusak hutan. Maka, jika hutan dapat dimengerti melalui model komputer ini, ada alasan kuat untuk menghadang penggundulan hutan karena akibat buruknya bisa diprediksi. Demikian seperti dikutip detikINET dari VNunet, Senin (16/6/2008).

http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/06/tgl/16/time/114724/idnews/957028/idkanal/398

Tidak ada komentar: